Tanaman berkhasiat Nyornyoran


Ada Banyak sekali tanaman liar yang dapat kita manfaatkan dan kita gunakan sebagai Obat-obatan contohnya saja tanaman Nyornyoran atau yang biasa di sebut ciplukan ini karena tanaman ini bisa digunakan sebagai obat . Biasanaya tanaman herbal ini digunakan masyarakat sebagai pengobatan alternative juga dapat digunakan sebagai pencegahan terhadap suatu penyakit. Pada masa sekarang, tanaman obat tidak hanya dapat diperoleh sekedar dari tumbuhan liar, tetapi banyak yang telah di budidayakan. Karena itu untuk mendapatkan tanaman obat cukup mudah.


Nyornyoran atau ciplukan ini adalah tanaman herbal yang sangat berkhasiat mulai dari akar batang dan daunya bisa dimanfaatkan. Tumbuhan ini tumbuh secara liar di kebun, tegalan, tepi jalan, kebun, semak, hutan ringan, tepi hutan


Khasiat tanaman 
Tanaman Nornyoran atau ciplukan dapat mengobati berbagai macam penyakit tetapi antara lain :
  1. Mengobati Influenza, caranya :
  Tumbuhan Nyornyoran(semua bagian) yang sudah dipotong-potong dijemur, lalu dibungkus agar tidak lembab lagi. Kemudian direbus, airnya diminum.
  2. Mengobati  diabetes caranya:
  Sama seperti meramu untuk mengobati Influenza Tumbuhan Nyornyoran (semua bagian) yang sudah dipotong-potong dijemur, lalu dibungkus agar tidak lembab lagi. Kemudian direbus, airnya diminum.
  3. Mengobati bisul, caranya  :
  Daun Nyornyoran sebanyak dicuci bersih lalu digiling halus. Turapkan pada bisul, lalu dibalut. Diganti 2 kali sehari

By M.Dimas Adisangadji

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MANFAAT DARI TANAMAN DANGO

MANFAAT tumbuhan KUNCUP MERAH SEBAGAI OBAT TRADISIONAL

Manfaat Buah Petai Bagi Kesehatan